Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Profil » Visi dan Misi Kabupaten Yahukimo

Visi dan Misi Kabupaten Yahukimo

VISI

Berdasarkan gambaran umum dan kondisi obyektif kabupaten Yahukimo, visi Kabupaten Yahukimo adalah :

"Terwujudnya Kebangkitan Masyarakat Yahukimo, Menuju Kepada Kemandirian, Kemajuan dan Kesejahteraan"

 

MISI

    Impian, bayangan samaran atau visi pembangunan Kabupaten Yahukimo dapat  menjadi kenyataan apabila Pemerintah berkomitmen bersama dan bersatu dalam kata, langkah, tindakan, sikap, perbuatan dan bulatkan hati untuk membangun Yahukimo. Semua pihak harus tahu bahwa membangun daerah ini tidak segampang membalik telapak tangan terhadap apa yang muncul tiba-tiba dalam benak kita dengan sekejap saja tanpa penuh pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, untuk membangun Yahukimo maka  misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Yahukimo yang berkualitas dan Profesional, dilandasi Iman yang kokoh dan Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mewujudkan Fundamen ekonomi Daerah berbasis pemberdayaan ekonomi kerakyatan (Empowerment of Economic Society) dan potensi daerah guna merangsang jiwa kewirausahaan dengan peningkatan ekonomi kreatif menjadi prioritas.
  3. Mewujudkan pemerintah daerah yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta berpihak langsung kepada masyarakat dengan program penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Mewujudkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memajukan sektor jasa dan industri lokal dalam rangka mewujdkan penerapan teknologi tepat guna (TTG).
  5. Mewujudkan Kondisi Keamanan yang kondusif.
  6. Merubah pola pikir (mind set) para pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo yang birokratis menjadi insan Pemerintahan yang berbasis wirausahawan mandiri melalui jenjang pendidikan jabatan dan profesi.
  7. Menegakan Supremasi Hukum, Kepastian Hukum dan budaya Hukum.
  8. Meningkatkan Kapasitas kelembagaan dan kualitas aparatur daerah dalam rangka Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan pelayanan publik yang lebih berkualitas, profesional, transparan dan akuntabel.
  9. Meningkatkan pengelolaan keuangan, aset dan usaha daerah dalam rangka peningkatan kemandirian daerah.
  10. Mempercepat pemulihan ekonomi daerah melalui perbaikan infrastruktur dan akses sumber daya ekonomi dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.
  11. Mewujudkan dan memperkuat basis ekonomi melalui penguatan jaringan produksi dan distribusi, peningkatan peran serta usaha mikro, UKM dan koperasi, penggunaan teknologi ramah lingkungan dan peningkatan daya saing produk.
  12. Meningkatkan kemampuan penyediaan layanan pendidikan dan kesehatan dalam rangka wajib belajar 9 tahun, pemerataan pendidikan dan pemerataan layanan kesehatan.
  13. Meningkatkan pengendalian penduduk dan sumberdaya tenaga kerja dalam rangka peningkatan kualitas penduduk, perluasan kesempatan kerja, kesempatan berusaha dan peningkatan produktivitas masyarakat.
  14. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama antar lembaga kemasyarakatan dan tokoh masyarakat dalam rangka mengurangi konflik sosial.
  15. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup melalui perluasan ruang terbuka hijau, pengendalian produksi, pengendalian konsumsi dan pengendalian aktivitas yang kurang ramah lingkungan.
  16. Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana kota dan distrik serta kampung.