Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Potensi Umum » Pembangunan

Pelayanan Kesehatan

 

Pelayanan Kesehatan

 

 

 

 

Selain pendidikan, bidang kesehatan juga menjadi perhatian utama bagi Pemerintah Kabupaten Yahukimo. Salah satu masalah kesehatan yang menjadi tantangan yaitu masalah kesehatan masyarakat dalam menghadapi beban ganda penyakit. Maksudnya, di satu pihak masih banyak masalah penyakit infeksi menular yang harus ditangani, sedang di pihak lain masalah penyakit tidak menular yang terus meningkat juga harus memperoleh perhatian yang serius. Selain itu juga masih ada masalah kesehatan berkaitan dengan keterbatasan akses masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman yang terisolir terhadap sarana dan prasarana yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya.

 

 

Oleh karena itu, pengelolaan bidang kesehatan yang aktif dan kreatif diterapkan untuk mengatasi semua tantangan dan masalah kesehatan di kabupaten ini. Beberapa fasilitas kesehatan dibangun dan dioperasikan dengan maksimal dan baik. Berdasarkan data dari “Yahukimo Dalam Angka 2010” fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersedia meliputi Puskesmas berjumlah 18 buah, Puskesmas Pembantu berjumlah 41 buah. Untuk mendukung pelayanan kesehatan di desa-desa, di wilayah ini telah dioperasikan puskesmas keliling yang berjumlah 9 unit. Unit puskesmas keliling tersebut meliputi 4 unit kendaraan roda empat, dan 5 unit kendaraan roda dua.

 

 

Pemenuhan kebutuhan kesehatan ini juga didukung oleh pemenuhan tenaga kesehatan dari beberapa latar belakang pendidikan. Tenaga-tenaga kesehatan tersebut meliputi 12 orang tenaga dokter umum, 1 orang tenaga dokter gigi, 215 perawat, serta 42 bidan. Semua tenaga kesehatan tersebut kemudian bersinergi dengan berbagai pihak seperti pihak pemerintah dan masyarakat untuk menjaga dan mengembangkan budaya sehat di wilayah Kabupaten Yahukimo.

 

 

Pada kenyataanya, masyarakat Yahukimo tidak hanya tinggal di perkotaan atau di desa-desa saja. Banyak dari mereaka tinggal di daerah-daerah pedalaman yang lingkungan sekitarnya masih berupa hutan. Oleh karena hal tersebut, maka melalui program dokter terbang, pemerintah berusaha memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil di kabupaten ini.  

 

 

Sasaran dalam bidang kesehatan yang hendak dicapai di kabupaten ini adalah peningkatan akses kesehatan yang lebih berkualitas bagi seluruh penduduk Yahukimo. Untuk mencapai sasaran tersebut, pemerintah telah menetapkan arah kebijakan pembangunan di bidang kesehatan ini, meliputi:

 

1.  Peningkatan kualitas sarana dan prasarana kesehatan dasar masyarakat

2.  Peningkatan jumlah tenaga kesehatan serta meratanya penyebaran tenaga kesehatan

3.  Peningkatan kinerja pelayanan kesehatan

4.  Pemerataan sarana dan prasarana kesehatan

5.  Peningkatan derajat kualitas lingkungan masyarakat

6.  Peningkatan kesadaran masyarakat dalam berperilaku bersih dan sehat

 

Arah kebijakan pembangun dalam bidang kesehatan tersebut kemudian dijabarkan melalui program-program pembangunan, yaitu:

1.  Pembangunan sarana dan prasarana kesehatan

2.  Pembangunan sarana dan prasarana kantor

3. Pengadaan obat dan alat kesehatan

4.  Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga medis dan bidan

5.  Perencanaan dan koordinasi

6.  Peningkatan SDM aparatur

7.  Penyuluhan kesehatan dan gizi

8.  Peningkatan pelayanan kesehatan

9.  Pengadaan data dan informasi