Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Potensi Umum » Ekonomi

Bisnis dan Perdagangan

 

Pasar Dekai

 

 

 

 

Pengembangan koperasi dan UKM ditempuh untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.  Di Kbupaten Yahukimo. Pada tahun 2008, jumlah koperasi di kabupaten ini sebanyak 62 koperasi. Jumlah koperasi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2007 yang berjumlah 24 unit koperasi. Jumlah 62 koperasi itu terbagi menjadi dua jenis yaitu berupa Koperasi Unit Desa sebanyak 51 koperasi, dan 11 unit koperasi lainnya berupa koperasi non-KUD.

 

Upaya pemberdayaan koperasi dan UMKM disusun secara terencana dan sistematis yang meliputi:

 

1. Penciptaan iklim usaha dalam rangka membuka kesempatan berusaha seluas-luasnya, serta menjamin kepastian usaha disertai adanya efisiensi ekonomi.

 

2. Pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM untuk meningkatkan akses pada sumber daya produktif sehingga apat memanfaatkan kesempatan yang terbuka dan potensi sumber daya, terutama sumber daya local yang tersedia dan sumber daya modal.

 

3. Pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil dan menengah (UKM).

 

4. Pemberdayaan usaha sekala mikro untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak dalam kegiatan usaha ekonomi di di sektor informal yang berskala usaha mikro.

 

Selain melalui koperasi, upaya lain yang ditempuh pemerintah untuk mengmbangkan sektor ekonomi di daerah ini yaitu melalui pembangunan pusat-pusat perdagangan. Pembangunan ruko-ruko dan los pasar terus berkembang seiring dengan berkembangnya sektor perdangan dan meningkatnya kebutuhan masyarakat.

 

Berkembanganya perekonomian masyarakat dengan pemberian subsidi memperlancar juga arus perkembangan sektor industri dan perdagangan. Barang-barang yang diperjualbelikan semakin bervariasi, seperti misalnya produk-produk kecantikan, meubel, alat-alat tulis, berbagai jenis makanan pokok dan makanan bukan pokok, dan lain-lain.

 

Pemenuhan kebutuhan komunikasi dan transportasi membuka peluang usaha baru dalam bidang perdagangan dan jasa. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna handphone dan kendaraan bermotor, pusat-pusat penjualan handphone serta kendaraan bermotor pun dibuka. Jasa perbaikan handphone dan kendaraan bermotor juga menjadi salah satu bidang usaha yang bukan hanya sebatas untuk memperoleh pendapatan, tetapi juga meningkatkan sumber daya manusianya. Hal ini disebabkan bidang usaha yang dikerjakan memerlukan keahlian khusus yang sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini.

 

Sektor perdaganagan di kabupaten ini dapat berjalan dengan lebih lancar dengan kehadiran Bank Papua. Bank ini menjadi bagian dari sirkulasi keuangan sektor perdagangan dan sektor-sektor yang lainnya.