Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Potensi Umum » Sosial Budaya

Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Yahukimo

 

Pagelaran Seni Budaya Kab. Yahukimo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kabupaten Yahukimo adalah kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah yang kaya akan adat dan budaya. Hingga saat ini barbagai macam tradisi warisan leluhur masih terus di lestarikan. 

 

Adat budaya ini bukan hanya sekedar sebuah kebiasaan, tapi merupakan tradisi yang memiliki nilai luhur dalam kehidupan individu, kehidupan bermasyarakat serta penyatuan diri dengan alam. Masyarakat Yahukimo, terutama yang tampak dalam kehidupan penduduk asli, tetap menjaga tradisi tersebut karena mempunyai makna khusus dalam kehidupan mereka. Hal inilah yang menjadi dasar tetap terpeliharanya berbagai tradisi di kehidupan masyarakat di Yahukimo. 

 

Oleh karena itu banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk melestarikan berbagai macam budaya tradisional di tengah-tengah hiruk pikuk budaya modern yang berkembang.

 

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Yahukimo adalah adanya acara perlombaan Tarian Yospan. Yospan adalah salah satu tarian pergaulan yang berasal dari dua daerah, yakni Biak dan Yapen-Waropen. Awalnya, yospan terdiri dari tarian pergaulan yosim dan pancar, dua tarian berbeda yang akhirnya dipadu menjadi satu.

 

Dalam pementasan yosim, yang berasal dari Yapen-Waropen, para penari juga mengajak serta warga lainnya untuk hanyut dalam lagu-lagu yang dibawakan kelompok penyanyi berikut pemegang perangkat musiknya.

 

Berbeda dengan yosim, tarian pancar yang berasal dari Biak hanya diiringi tifa, yang merupakan alat musik tradisional semua suku bangsa pesisir di tanah Papua. Gerakannya pun tidak lincah dan banyak gaya seperti pada yosim. Gerakan penari pancar relatif lebih kaku karena mengikuti entakan pukulan tangan pemusik pada kulit tifa yang biasa dibuat dari kulit soa-soa (biawak). 

 

 

Acara Perlombaan Yospan ini berlangsung hari ini Tanggal 11 Agustus 2011 yang dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Drs. Robby Longkutoy dan beberapa pejabat-pejabat SKPD beserta seluruh masyarakat di wilayah Kota Dekai.

 

Adanya perlombaan Yospan ini harapan dari pemerintah Kabupaten Yahukimo adalah adanya semangat dari seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan budaya lokal yang pada tujuannya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi program pembangunan daerah.