Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Potensi Umum » Sosial Budaya

Pembinaan Olah Raga Sepakbola

Persikimo U15
 
 
 
 

Pada tahun-tahun belakangan ini, dunia persepakbolaan Indonesia menunjukkan perkembangan yang membanggakan. Geliat sepak bola tanah air mendapat sambutan yang baik dari penggemar sepak bola tanah air.  Seiring berjalannya waktu, para penggemar sepak bola dalam negeri semakin bertambah dengan pesat. Salah satu faktor yang menjadikan sepak bola Indonesia maju adalah segi kemampuan pemain yang semakin baik.

Kemampuan pemain sepak bola yang semakin professional ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan sejak dini kepada bibit-bibit unggul dunia sepak bola. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo. Pemerintah daerah berharap, bibit-bibit unggul pemain sepak bola itu akan muncul dari kabupaten Yahukimo.

 

Bagi masyarakat Papua, termasuk Kabupaten Yahukimo, sepak bola merupakan olah raga yang sangat akrab dengan kehidupan mereka sehai-hari. Oleh karenanya banyak sekali pemain-pemain sepak bola dari wilayah Papua yang mempuyai prestasi cemerlang. Melihat potensi yang positif ini, pemerintah daerah bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat memberikan prioritas pada perkembangan sepak bola di Yahukimo. Salah satu bentuknya yaitu penyaluran anggaran khusus untuk sepak bola.

Persikimo adalah tim sepak bola Kabupaten Yahukimo. Selain sebagai sebuah tim sepak bola, Persikimo juga menjadi wadah pembibitan, pembinaan, dan bentuk nyata apresiasi masyarakat Yahukimo terhadap sepak bola. Persikimo sendiri tebagi menjadi dua yaitu Persikimo Senior dan Persikimo Yunior. Minat terhadap sepak bola di kabupaten ini tak perlu diragukan lagi.

 

Bukan hanya kaum laki-laki, tetapi kaum perempuan pun memiliki minat yang tinggi terhadap sepak bola. Hal ini terbukti dengan terbentuknya tim sepak bola wanita di kabupaten ini. Nama tim sepak bola wanita Kabupaten Yahukimo yaitu Galanita.  Galanita juga terbagi menjadi dua yaitu Galanita Senior dan Galanita Yunior.

 

Melalui pembinaan olahraga sepak bola ini diharapkan munculnnya bibit-bibit unggul yang profesiaonal dan berprestasi dalam ajang lokal, nasional, maupun internasional. Selain itu, sepak bola dapat menjadi salah satu sarana untuk membina kesehatan dan kerjasama masyarakat yahukimo. Dengan terjaganya kesehatan dan kerjasama ini, tentunya akan memerikan dukungan yang besar bagi kelancaran dan kenyaman pembangunan di Kabupaten Yahukimo. (Sumber Buku Profil Kabupaten Yahukimo)