Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Festival Budaya Yahukimo, Menjaga Warisan Leluhur

Festival Budaya Yahukimo, Menjaga Warisan Leluhur

15th August 2017

YAHUKIMO PAPUA - Dalam rangka menyambut hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-72 di Kabupaten Yahukimo, Pemerintah Kabupaten Yahukimo dalam hal ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata mengadakan Festival Budaya Yahukimo yang berlangsung pada Senin, 14 Agustus 2017. Di Alun-alun Kantor Bupati lama Kabupaten Yahukimo.

 

 

 

Kegiatan Festival Budaya bertujuan agar budaya asli masyarakat Yahukimo tetap lestari dan dikenal oleh masyarakat luas dan lebih khususnya anak-anak dan generasi muda Kabupaten Yahukimo.  Bupati Yahukimo berkesempatan untuk membuka kegiatan Festival Budaya Yahukimo, dalam sambutannya ia mengatakan Festival saat ini adalah langkah yang baik dalam hal mempertunjukan seni budaya yang ada oleh para seniman, dan ini adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara maupun wisaatawan domestik / dalam negeri. Lebih lanjut Bupati mengatakan Bandara sebagai penunjang datangnya para wisatawan akan ditambah lagi panjang landasan pacu menajdi 250 meter.

 

 

 

Niko Bayage selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Yahukimo mengatakan bahwa Festival Budaya Yahukimo merupakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan dengan melibatkan beberapa suku dan sub suku yang ada di Kabupaten Yahukimo. Beliau mengatakan ditahun-tahun mendatang festival Budaya akan diselenggarakan dengan lebin meriah dan melibatkan seluruh masyarakat adat di Kabupaten Yahukimo.

 

 

 

Dalam sambutan yang dibawakan oleh ketua Festival Budaya Yahukimo Isak Yembise, mengatakan kegitan Festival Budaya Yahukimo mengambil tema "Yang Tersisa Yang Bercerita" dan sub tema, "Melalui Festival Budaya Kabupaten Yahukimo, Kita Bangkitkan Seni dan Budaya Demi Terwujudnya Masyarakat Yahukimo yang Mandiri dan Sejahtera". Tujuan kegiatan ini agar masyarakat tetap eksis dalam melestarikan budaya di Kabupaten Yahukimo. Budaya yang ada harus tetap dilestarikan agar tidak terpengaruh dengan budaya luar.

 

 

 

Selain Festival Budaya asli Kabuapaten Yahukimo, ada pula tari Yosim Pancar yang diperlombakan untuk semua kalangan baik kalangan anak, remaja dan dewasa. Tari yosim pancar merupakan tari asli Papua yang sudah masuk dalam tarian pergaulan masyarakat Papua dan pesertanya di ikuti dari berbagai suku di tanah air.

 

 

 

 (Sumber : Bagian PDE)