Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Pemkab Yahukimo tetapkan 2018 sebagai tahun data

Pemkab Yahukimo tetapkan 2018 sebagai tahun data

13th February 2018

Pemerintah Kabupaten Yahukimo menetapkan tahun 2018 sebagai tahun data. Hal tersebut disampaikan Bupati Abock Busup saat memimpin apel perdana tahun 2018 di halaman kantor Bupati, Senin (12/2/2018) di Dekai, yang dihadiri oleh sejumlah perangkat pemerintahan dan juga kepala distrik, kepala sekolah serta satgas Yahukimo Bangkit, tak terlepas pula kepala suku di daerah setempat.

“Tahun 2018 ini saya sudah menetapkan tahun data, maka Pemerintah akan lakukan pertemuan khusus dengan OPD, kepala distrik dan para kepala sekolah untuk mendata,” kata Bupati Abock dalam sambutan apel perdana.

Menurutnya tujuan Pemkab meminta setiap OPD melakukan pendataan adalah untuk memastikan jumlah yang sebenarnya, berapa  yang masih aktif masuk kantor sejak dilantik dan berapa yang tidak aktif masuk dan bekerja di kantornya.

“Karena ada yang menetap di luar Kabupaten Yahukimo atau kuliah lalu terima gaji buta. Kami juga akan data jumlah penduduk OAP (Orang Asli Papua) untuk memastikan masih ada di distrik masing-masing, serta setiap sekolah untuk berapa orang yang sekolah,” terangnya.

Lanjutnya, Pemkab Yahukimo sudah melaporkan hal ini ke Provinsi Papua, bahwa Yahukimo memiliki 99 persen OAP dan Non OAP (Pendatang) berjumlah 1 persen.

“Saya meminta untuk lakukan pendataan karena tahun baru, program baru,” tegas Bupati.

Selain itu Abock juga mengajak untuk mendata berapa banyak ASN yang aktif dan tidak aktif sejak dilantik, berapa jumlah penduduk Orang Asli Papua (OAP) di 51 distrik, dan juga berapa banyak yang sekolah di TK hingga SMA. Hal ini penting, untuk mengukur pembangunan yang akan dilakukan kedepannya.