Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Pemerintan Kabupaten Yahukimo menyiapkan semua laporan untuk BPK

Pemerintan Kabupaten Yahukimo menyiapkan semua laporan untuk BPK

16th February 2018

Bupati Yahukimo Abock Busup meminta seluruh jajarannya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mempersiapkan laporan keuangan serta administrasi pemerintahan, sesuai dengan permintaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua.

Menurutnya, langkah cepat harus dilakukan, dikarenakan  batas waktu yang  ditentukan adalah 19 Februari 2018.  Untuk itu, Abock memperingatkan, tidak ada lagi pegawai yang menambah hari liburannya di luar Yahukimo, agar segera melaksanakan tugas mempersiapkan sejumlah berkas yang akan diperiksa oleh BPK.

“Kenapa saya sampaikan untuk melaksanakan tugas? Karena aturan sekarang sangat ketat dalam menjalankan sebuah pemerintahan sehingga besok atau lusa semua struktur perangkat daerah sudah ada dan siap untuk dilaporkan,” kata Bupati saat memimpin apel pagi di Kantor Bupati Yahukimo di Dekai, Kamis (15/02/2018).

Kata Abock menegaskan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Yahukimo harus berada di tempat, dan menyiapkan semua laporan sesuai dengan yang diminta oleh BPK.

“Dari BPK sudah dalam suratnya bahwa batas pemeriksaan adalah tanggal 19. Pertanyaannya apa kah semua Dinas sudah siap untuk pelaporan, atau belum ini menjadi pertanyaan,” tanya Abock.

Menurut Bupati,  aturan ini juga berlaku bagi seluruh ASN yang melaksanakan izin belajar, serta sejumlah izin lainnya, yang tidak mendesak. Hal ini dilakukan, karena pemeriksaan oleh BPK Perwakilan Papua, sangat penting bagi Kabupaten Yahukimo.

“Untuk orang yang mau melakukan izin belajar atau tugas belajar kami sudah batasi, dan saya sudah sampaikan kepada Badan Kepagawaiian Daerah bahwa ASN dan Kepala OPD yang mau melanjutkan Studi jangan di layani dulu,”  ujarnya.

Namun ketentuan ini memang berlaku khusus untuk Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Menurutnya, apabila Kepala OPD ingin tetap melanjutkan program belajar guna meningkatkan kompetensi, maka dipersilahkan untuk terlebih dahulu membuat laporan pertanggungjawaban kepada BPK, yang nanti akan memeriksa.

“Kalo Kepala OPD yang mau lanjut kuliah silahkan supaya jabatannya  kasih orang lain dan lapor ke kepegawaian, agar biayanya disiapkan,” tutup Bupati.