Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Detik-Detik Peringatan 17 Agustus ke-71 di Kabupaten Yahukimo

Detik-Detik Peringatan 17 Agustus ke-71 di Kabupaten Yahukimo

18th August 2016

YAHUKIMO PAPUA - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-71 di Kabupaten Yahukimo di gelar di Lapangan Kantor Bupati Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua, berlangsung pada Rabu, 17 Agustus 2016. Upacara dilaksanakan mulai pukul  10.00 WIT, berlangsung khidmat dan sakral.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Yahukimo Abock Busup, S. Th. MA. Perwira upacara adalah Komisaris Polisi Bahar Tushiba, SH dimana sehari-hari menjabat sebagai Wakapolres Yahukimo. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Inspektur Polisi Dua Edy Tohir Sabara, jabatan sehari-hari sebagai Paur Min Bag Ops Polres Yahukimo dan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Yahukimo.

 

Ribuan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari Pasukan TNI, POLRI, PNS, SATPOL PP, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan dan Pelajar. Ratusan undangan juga terlihat antara lain, Pimpinan dan Anggota DPRD, para Pejabat Sipil, TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Tim Penggerak PKK, para Pimpinan Oragniasi Wanita, para Insan Pers, Pimpinan LSM, serta warga masyarakat se-Kabupaten Yahukimo juga terlihat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

 

Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih Kabupaten Yahukimo terdiri dari perwakilan-perwakilan sekolah lanjutan atas yang berada di Kabupaten Yahukimo yaitu yang beranggotakan siswa-siswi SMA/SMK. Pasukan Pengibar Bendera dipimpin oleh Komandan Pasukan Pasang Saleno yang sehari-hari bertugas di Pos Ramil Dekai Yahukimo.

 

Untuk Pembawa Bendera Merah Putih adalah dua orang putri terbaik Kabupaten Yahukimo yaitu Rini Claudia Oei Sawor dimana saat ini duduk di bangku sekolah SMA Negeri 1 Dekai  kelas XII yang merupakan putri dari pasangan Bapak Simson Soleman Oei sawor dan Ibu Nurdiana Ruru dan juga Wardana Ningsih dimana saat ini duduk di kelas XII SMA Negeri 1 Dekai yang merupakan putri pasangan Bapak Agus Salim dan Ibu Hude Yani. Sedangkan yang bertugas sebagai Pengibar Bendera Merah Putih adalah putra-putra terbaik Kabupaten Yahukimo yaitu Agus Esema, Yosua Heluka dan Brend Sokoy.

 

Dalam Upacara  peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-71 di  Kabupaten Yahukimo ketua KNPI Kabupaten Yahukimo bertindak dalam membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Adapun tema pada Peringantan Detik-detik Proklamasi yaitu "Indonesia Kerja Nyata" dan sub tema "Ayo kerja nyata untuk mewujudkan masyarakat yang bangkit, mandiri dan sejahtera di Kabupaten Yahukimo''.

 

 (Sumber : Bagian PDE)