Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Acara Peresmian Kantor Dinas Kesehataan Kabupaten Yahukimo

Acara Peresmian Kantor Dinas Kesehataan Kabupaten Yahukimo

10th June 2016

YAHUKIMO PAPUA - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Yahukimo, Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya pembangunan Kantor Dinas Kesehatan kabupaten Yahukimo sebagai pusat pelayanan administrasi bagi jajaran kesehatan guna mengatasi dan menjawab berbagai macam permasalahan kesehatan yang ada.

 

Acara Peresmian Kantor Dinas Kesehataan Kabupaten Yahukimo yang berlangsung pada tanggal 10 Juni 2016 diawali dengan laporan ketua panitia dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Yahukimo Abock Busup, S.Th. MA. Pengguntingan pita ini menjadi suatu tanda simbolis telah diresmikannya gedung baru ini. Pembangunan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo dibangun dengan anggaran biaya sebesar Rp. 5 miliyar dalam jangka waktu kurang dari satu tahun yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat lewat Kementerian Kesehatan.

 

Sebagai tanda ucapan syukur atas peresmian ini, maka dilanjutkan dengan ibadah yang dilayani oleh para aparat Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo. Firman Tuhan dibawakan oleh Pdt. Menes Mirin, S.Th dengan tema Dasar dan Bangunan, melaui penyampaian Firman Tuhan Pdt. Menes Mirin, S.Th mengajak para hadirin untuk memahami bahwa  bangunan bukan hanya fisik sebuah gedung tetapi yang terutama bangunan sesungguhnya adalah membangun manusia seutuhnya, membangun manusia yang bermutu dan membangun manusia yang layak dihadapan Tuhan yaitu dengan membangunya diatas dasar yang kuat, kokoh, teguh dan dasarnya adalah Tuhan Yesus Kristus.

 

Penyampaian kata sambutan yang pertama oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo Bongga Sumule, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih buat bantuan dari Bupati Yahukimo, Kementerian Kesehatan dan seluruh pihak-pihak yang juga ikut berperan sehingga pembangunan gedung Dinas Kesehatan bisa selesai dengan baik. Ada beberapa program yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo, diantaranya program pembagian 25 motor untuk aparat kesehatan, pembagian kunci rumah kopel untuk staf kesehatan, adanya Satuan Tugas Pelayanan Kaki Telanjang (Satgas Kijang) yang sudah dibentuk di tiga distrik yaitu Anggruk, Ninia dan Silimo dan berharap  agar kedepan ada rumah khusus untuk aparat Dinas Kesehatan.

 

Sambutan berikutnya oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang diwakili oleh Kabid SDM Dinas Kesehatan Provinsi Papua Lesman Tabuni, dia berharap Kantor Dinas Kesehatan menjadi pintu berkat bagi masyarakat yang membutuhkan dan memberi apresiasi buat pembangunan kantor dinas kesehatan yang megah  ini. Lebih lanjut Satuan Tugas Pelayanan Kaki telanjang (Satgas Kijang) merupakan terobosan Gubernur Provinsi Papua lewat Dinas Kesehatan Provinsi, pembentukan satgas ini merupakan jawaban atas luas wilayah yang begitu besar dan jangkauan akses yang terbatas.

 

Sambutan terakhir yang disampaikan oleh Bupati Yahukimo Abock Busup, S.Th. MA berharap untuk menunjang pembangunan di Kabupaten Yahukimo, perlu dibuka isolasi di arah selatan Kabupaten Yahukimo, dengan begitu bisa berdampak pada peningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor, diantaranya membuka lahan kelapa sawit 100 hektar di arah selatan, mengingat APBD Kabupaten Yahukimo yang terbatas. Rencana program kerja Bupati lainya yaitu menambah anggaran untuk Dinas Kesehatan dan Pendidikan, membuka Rumah Sakit Effata di Distrik Anggruk, mendorong putra asli Papua menjadi tenaga kesehatan khususnya sebagai tenaga dokter umum dan dokter spesialis. Pesan Bupati kepada aparat kesehatan untuk meningkatkan pelayanan dirumah sakit dengan menekan angka kematian.

 

(Sumber : Bagian PDE)