Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Berita » Jangan ada kekerasan jelang Pilgub Papua

Jangan ada kekerasan jelang Pilgub Papua

14th February 2018

Anggota Komisi I DPR Papua bidang politik, hukum, HAM, dan keamanan, Emus Gwijangge berharap, tak ada lagi kekerasan di Papua selama tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub).

Ia mengatakan, kesan kekerasan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Papua harus dihilangkan. Jangan setiap jelang pelaksanaan pilgub atau pilkada di kabupaten, terjadi kekerasan.

“Selama ini setiap jelang pilgub atau pilkada, selalu saja ada penembakan. Banyak aksi kriminal, pembunuhan di mana-mana. Tapi kita tidak tahu apa motifnya, apakah ada kaitannya dengan politik atau tidak. Kondisi ini jangan terus berlanjut,” kata Emus, Rabu (14/02/2018).

Menurutnya, selama ini setiap ada penembakan atau aksi kekerasan lain, pelaku sulit diketahui. Terkadang hanya disebut orang tak dikenal, kelompok bersenjata dan lainnya.

“Misalnya penembakan oknum TNI di pasar Sinak, Kabupaten Puncak awal pekan ini, dan seorang ibu di Timika, beberapa pekan lalu, hal seperti ini jangan lagi terjadi,” ucapnya.

Katanya, jangan ada pihak yang ingin mendapat keuntungan dengan memperkeruh situasi Papua, apalagi dalam masa tahun politik seperti sekarang ini.

“Kalau mau baku tembak, ke Palestina saja. Papua ini aman tidak ada masalah, yang menciptakan masalah ini orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau ada yang tidak ingin Papua aman, tidak usah tinggal di Papua,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR Papua lainnya, Orgenes Wanimbo mengatakan hal yang sama. Menurutnya, cukup sudah selama ini orang luar Papua, selalu menganggap provinsi paling timur Indonesia itu daerah rawan konflik saat pilkada.

“Pandangan itu harus diubah. Ini perlu peran semua pihak, termasuk masyarakat untuk menciptakan situasi Papua yang aman,” kata Wanimbo. 

Sumber :http://tabloidjubi.com