Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : : Dinas » Dinas Pekerjaan Umum

Dinas Pekerjaan Umum

Dinas Pekerjaan Umum
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
 
 
 
  
Berikut ini Tupoksi dari Dinas Pekerjaan Umum :
 

DINAS PEKERJAAN UMUM

Bagian Pertama

Kepala Dinas

Pasal 69

(1)     Kepala Dinas Pekerjaan Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pekerjaan umum;

(2)     Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Dinas Pekerjaan Umum menyelenggarakan fungsi : 

a.    Perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;

b.    Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya;

c.    Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya;

d.    Pembinaan dan penilaian bawahan sesuai ketentuan yang berlaku; dan

e.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya.

 

Bagian Kedua

S E K R E T A R I A T

Paragraf 1

S e k r e t a r i s

Pasal 70

(1)    Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program, urusan umum,

       perlengkapan, kepegawaian, keuangan, rumah tangga dan koordinasi

       penyusunan rencana dan progran kerja;

(2)    Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris

       menyelenggarakan fungsi :

a.     Perumusan kebijakan teknis di bidang sekretariat;

b.     Pelaksanaan pembinaan organisasi dan tata laksana;

c.      Pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, dan program;

d.     Penyusunan rencana program berdasarkan usulan Sub Bagian dan skala

    prioritas untuk bahan perumusan Renstra Unit;

e.     Penyelenggaraan koordinasi pelaksanaan program untuk mewujudkan

             keterpaduan dan keserasian kerja;

f.      Pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan dan iventarisasi;

g.     Pembinaan dan penilaian bawahan sesuai ketentuan yang berlaku; dan

h.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang

      tugasnya.

                  

Paragraf 2

 Kepala Sub Bagian Umum

Pasal 71

Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas :

a.     Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas ;

b.     Melaksanakan urusan surat menyurat, pengetikan, penggandaan dan tata

c.      kearsipan;

d.     Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan tata usaha serta pemeliharaan perlengkapan operasional dan peralatan kantor, keprotokolan dan perjalanan dinas;

e.     Menyusun perencanaan dan mengurus pemeliharaan kebersihan, dan keamanan kantor;

f.      Menyelenggarakan tata usaha kepegawaian yang meliputi pengumpulan data,

      pembuatan buku induk pegawai, rotasi dan mutasi pegawai;

g.     Menyusun formasi pegawai dan perencanaan pegawai, daftar nominative dan

      Daftar Urut Kepangkatan (DUK);

h.     Mengelola administrasi kepegawaian dan hak-hak pegawai;

i.       Memantau dan mengevaluasi fungsi urusan program sebagai masukan bagi

      perencanaan selanjutnya;

j.      Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

k.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 3

 Kepala Sub Bagian Penyusunan Program

Pasal 72

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas :

a.     Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas ;

b.     Melaksanakan koordinasi penyusunan program kerja bidang-bidang;

c.      Memantau dan pengevaluasian fungsi urusan program sebagai masukan bagi perencanaan selanjutnya;

d.     Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

e.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya

 

Paragraf  4

 Kepala Sub Bagian Keuangan

Pasal 73

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

a.     Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     Menghimpun dan menyusun rencana anggaran belanja langsung dan tidak langsung;

c.      Melaksanakan pengelolaan tata usaha keuangan anggaran belanja langsung dan tidak

Langsung;

d.     Melaksanakan pembayaran gaji pegawai dan pembayaran keuangan lainnya;

e.     Menyusun laporan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan sesuai ketentuan yang berlaku;

f.      Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

g.     Melaksanakan tugas lain  yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

 

 

Bagian Ketiga

BIDANG BINA MARGA

Paragraf 1

Kepala Bidang

Pasal 74

(1)     Kepala Bidang Bina Marga mempunyai tugas penyusunan rencana kegiatan, mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan di bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Pembangunan Jalan dan Jembatan serta Peralatan;

(2)     Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Bina Marga menyelenggarakan fungsi :

a.    Penyusunan rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Penyiapan bahan pengkoordinasian perencanaan pembangunan daerah di bidang bina marga;

c.    Penyusunan rencana program berdasarkan usulan sub-sub bidang sesuai skala prioritas;

d.    Penyelenggaraan koordinasi pelaksanaan program untuk mewujudkan keterpaduan dan keserasian kerja di bidang bina marga;

e.    Pelaksanaan pembinaan dan bimbingan dalam penyusunan perencanaan di bidang bina marga;

f.     Pembinaan dan penilaian bawahan sesuai ketentuan yang berlaku; dan

g.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 2

 Kepala  Seksi  Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Pasal 75

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang pemeliharaan jalan dan jembatan;

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang pemeliharaan jalan dan jembatan;;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan perencanaan pembangunan di bidang pemeliharaan jalan dan jembatan;;

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas;dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 3

 Kepala Seksi Pembangunan Jalandan Jembatan

Pasal 76

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan;

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan;

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas;dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 4

 Kepala Seksi Peralatan

Pasal 77

Kepala Seksi Peralatan mempunyai tugas :

a.     Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang peralatan;

c.      Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang peralatan;

d.     Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang peralatan;

e.     Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas;dan

f.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Bagian Keempat

BIDANG CIPTA KARYA

Paragraf 1

Kepala Bidang

Pasal 78

(1)     Kepala Bidang Cipta Karya mempunyai tugas penyusunan rencana kegiatan, mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan di bidang Cipta Karya;

(2)     Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang cipta karya menyelenggarakan fungsi :

a.    Penyusunan rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Penyiapan bahan pengkoordinasian perencanaan pembangunan daerah di bidang cipta karya;

c.    Penyusunan rencana program berdasarkan usulan sub-sub bidang sesuai skala prioritas;

d.    Penyelenggaraan koordinasi pelaksanaan program untuk mewujudkan keterpaduan dan keserasian kerja di bidang cipta karya;

e.    Pembinaan dan penilaian bawahan sesuai ketentuan yang berlaku; dan

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 2

 Kepala Seksi Perijinan Konstruksi

Pasal 79

Kepala Seksi Perijinan Konstruksi mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang perijinan konstruksi;

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang perijinan konstruksi;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi  dan data untuk kepentingan penyusunan perencanaan pembangunan di bidang perijinan konstruksi;

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 3

 Kepala Seksi Penataan Ruang dan Kota

Pasal 80

Kepala Seksi Penataan Ruang dan Kota mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang penataan ruang dan kota; 

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang penataan ruang dan kota;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang penataan ruang dan kota; 

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 4

 Kepala Seksi Perumahan

Pasal 81

Kepala Seksi Perumahan mempunyai tugas :

a.     Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang perumahan;

c.      Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang perumahan;

d.     Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang perumahan; 

e.     Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas; dan

f.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Bagian Keempat

BIDANG PENGAIRAN DAN IRIGASI

Paragraf 1

Kepala Bidang

Pasal 82

(1)     Kepala Bidang Pengaiaran dan Irigasi mempunyai tugas penyusunan rencana kegiatan, mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan di bidang pengaiaran dan irigasi.

(2)     Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pengaiaran dan Irigasi menyelenggarakan fungsi :

a.    Penyusunan rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Penyiapan bahan pengkoordinasian perencanaan pembangunan daerah di bidang pengaiaran dan irigasi;

c.    Penyusunan rencana program berdasarkan usulan sub-sub bidang sesuai skala prioritas;

d.    Penyelenggaraan koordinasi pelaksanaan program untuk mewujudkan keterpaduan dan keserasian kerja di bidang pengaiaran dan irigasi;

e.    Pelaksanaan pembinaan dan bimbingan dalam penyusunan perencanaan di bidang pengaiaran dan irigasi;

f.     Pembinaan dan penilaian bawahan sesuai ketentuan yang berlaku; dan

g.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 2

 Kepala Seksi Pengairan

Pasal 83

Kepala Seksi Pengaiaran mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang pengaiaran;

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang pengaiaran;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi  dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang pengaiaran;

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas;dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.

 

Paragraf 3

 Kepala Seksi Irigasi  

Pasal 84

Kepala Seksi Irigasi  mempunyai tugas :

a.    Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.    Menyiapkan bahan laporan kegiatan di bidang irigasi;

c.    Mengkoordinasikan perencanaan dan melaksanakan program pembangunan di bidang irigasi;

d.    Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan  perencanaan pembangunan di bidang irigasi;

e.    Membina dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas;dan

f.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya.