Kabupaten Yahukimo

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Home : Artikel » Kampanye Imunisasi Campak Polio dan TT WUS di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo

Kampanye Imunisasi Campak Polio dan TT WUS di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo

5th November 2011

Dalam rangka menyelamatkan jiwa manusia sebagai ciptaan yang maha mulia perlu difasilitasi dan diimbangi dengan sentuhan faktor kesehatan yang memadai melalui fasilitas lengkap maupun tenaga-tenaga yang berkualitas dan berbobot.

 

Sehingga dalam agenda Nasional pelaksanaan kampanye Imunisasi Campak Polio dan TT Wus, Pemerintah Kabupaten Yahukimo melalui Dinas Kesehatan mengadakan pencanangan chrash program Imunisasi Campak pada anak usia 9-39 bulan dan imunisasi polio pada anak usia 0-59 bulan, serta imunisasi TT WUS usia 15-39 tahun.  

 

Langkah positif melalui kepedulian pimpinan kesehatan acara yang berlangsung merupakan baru pertama kali setelah status Rumah Sakit Kota Dekai menjadi Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Yahukimo.

 

Setelah menjawab impian pemerintah daerah dari status Rumah Sakit menjadi Rumah Sakit Umum Daerah atau yang disebut (RSUD), kegiatan yang berlangsung di Aula Polik Dekai ini, terlihat sederhana  dan biasa –biasa saja nambun meberi sentuhan kesan yang baik bagi generasi penerus Kabupaten Yahukimo kedepan.

 

Mewujudkan masyarakat sejahtera, maka setiap pemerintah daerah yang ada di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan dan meningkatkan masyarakat yang sehat dalam berbagai sektor kehidupan.

 

Masyarakat yang sehat perlu adanya faktor-faktor yang mempengaruhi baik itu dari segi sosial, ekonomi, dan budaya salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menjangkau semua lapisan masyarakat yaitu menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan baik itu berupa pustu, puskesmas, maupun Rumah Sakit dari berbagai type yang ada berdasarkan kebutuhan dari setiap daerah.

 

Kesehatan masyarakat dalam cakupan pelayanan kesehatan pada Kabupaten Yahukimo Puskesmas Dekai tetap pada pos pelayannnya dan ada perubahan khusus tentang status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).      

 

Dengan demikian dalam perjalanannya kedepan RSUD Dekai diharapkan dapat menjadi Rumah Sakit Umum yang dapat memberikan pelayanan yang lebih lengkap untuk dapat menjangkau kebutuhan pelayanan kesehatan yang ada pada masyarakat di Kabupaten Yahukimo, dimana mengingat letak geografis yang strategis berbatasan dengan 6 Kabupaten di wilayah pegunungan tengah dan Papua Selatan, sehingga RSUD Dekai ini proyeksi nya dapat menjadi pusat pelayanan rujukan untuk wilayah pegunungan tengah dan sekitarnya.

 

Dimana sesuai Visi dan Misi dari RSUD Dekai ini Kabupaten yahukimo mewujudkan Rumah Sakit Umum Daerah sebagai pusat pelayanan kesehatan di seluruh wilayah pegunungan tengah umumnya dan Kabupaten Yahukimo secara khusus dapat memberikan pelayanan yang positif demi kemajuan masyrajat yang sehat dan bermutu.

 

Memberdayakan potensi-potensi yang ada untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat memantau, menilai, dan menganalisa situasi kesehatan dan gizi secara komprehensif menyelenggarakan kesehatan tingkat lanjut dan berkesinambungan.

 

Untuk menjawab impian dan harapan lapisan masyarakat yang tersebar di Kabupaten Yahukimo terutama yang tinggal di bawah kaki gunung, dalam kesempatan acara kampanye imunisasi ini Pemerintah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo terus memberikan informasi dalam bentuk himbauan dan terjun langsung ke lapangan.

 

Hal ini merupakan bentuk tanggapan dari keluhan masyarakat yang selama ini dihadapi pada masalah banyaknya wabah penyakit yang dikarenakan tidak dijalankannya program imunisasi dan pelayanan kesehatan primer petugas kesehatan tidak ada di Pos-Pos untuk melakukan pencegahan penyakit.

 

Dalam kesempatan itu juga, petugas kesehatan Nelambo Kepada Kontributor TVRI Lensa Papua menyatakan keluhannya akan kebutuhan jasa pelayanan dokter spesialis untuk mengatasi kendala yang di jumpai akan penyakit-penyakit tertentu, sehingga pasien harus di rujuk ke Kota Jayapura.

 

Kendati demikian, kepedulian Pemerintah Daerah dibawah kendali Bupati Dr. Ones Pahabol, SE, MM dan Wakil Bupati Drs. Robby Longkutoy tentang permasalahan sektor kesehatan sangat diutamakan, sehingga dari 18 pusat kesehatan masyarakat (Pustu) yang ada di Kabupaten yahukimo di maksimalkan dengan penunjang fasilitas kesehatan yang memadai.

 

Adapun RSUD yang terletak di Dekai Ibukota Kabupaten Yahukimo sudah di lengkapi dengan berbagai macam fasilitas yaitu Ruang UGD, Polik, BKIA Gizi Bangsal. Gedung Obat, Kesling, Laboratorium, O.K Operasi, VIP Dapur Bangsal Anak dan Wanita. (Sumber Bagian Humas – Dinas Kesehatan)